Sabtu, 28 Maret 2009

Fungsi dan peranan kantor Depan Hotel

Hampir semua kegiatan yang ada di front office berhubungan dengan tamu,baik secara langsung maupun tidak langsung.Karena itu front office memiliki peranan penting dalam operasi sebuah hotel.Seperti dikatakan oleh Valen (1985:24),dalam bukunya Check-in check-out,Principles of Effective Front Management, bahwa Front office adalah :
 
It is indeed the heart and the hub and the nerve center of guest activity (Sesungguhnya front office adalah jantung,dan pusat dari segala macam kegiatan para tamu).

Peranan Kantor Depan Hotel
Dalam operasi sehari-hari,Front office mempunyai macam-macam peran.Peran ini penting untuk memperlancar kegiatan hotel dan menjalin kerjasama erat antar departemen.Untuk itu ada 8 peran penting dari front office departement, yaitu :

1. MANAGEMENT REPRESENTATIVE (Merupakan wakil dari manajemen)
Dalam keadaan tertentu front office dapat berperan sebagai wakil dari manajemen untuk menghadapi/menyelesaikan masalah tertentu yang biasanya hanya bisa diselesaikan oleh pihak manajemen.Hal ini misalnya sering terjadi ketika masalah terjadi di luar jam kantor,ketika manajemen tidak sempat menyelesaikannya,terutama di malam hari.Atau tiba-tiba tamu yang sangat penting (para pejabat tinggi) tiba-tiba datang ke hotel untuk keperluan santai atau pribadi,seperti bermain tenis dengan sejawat.

2. SALES PERSON (Orang-orang yang mampu menjual )
Setiap orang yang berada di jajaran front office diharuskan mampu dan memiliki Salesmanship, karena karyawan front office lebih banyak berhubungan dengan tamu ataupun pengunjung jika dibandingkan dengan departemen lain
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar